Selasa, 26 Mei 2009

Rhinitis alergi


Banyak orang yang bermasalah dengan hidungnya, sangat menyiksa bagi mereka karena setiap saat tersumbat sehingga menyulitkan untuk bernafas.

Ada beberapa gejala apakah seseorang itu menderita alergi/sensitif pada hidung, yaitu bersin-bersin lebih dari 5 kali secara berurutan disertai ingus yang bening dan encer dan atau tiba-tiba hidung sering tersumbat, hal ini dapat juga disertai rasa gatal di hidung dan mata.

Berdasarkan istilah kedokteran penyakit ini disebut rhinitis alergi atau secara awam bisa disebut alergi hidung.

Umumnya hal tersebut ada pencetusnya, itu yang harus disadari oleh para penderita, karena jika pencetus/penyebabnya tidak dihindari, akan menambah parah baik sumbatan dan bersin-bersin, begitu juga sebaliknya jika kita hindari akan berkurang secara bertahap sampai hilang.

Penderita biasanya mengeluhkan tidak ada atau tidak mengetahui pencetus/penyebabnya, hal itu disebabkan mungkin karena gejala ini sudah berlangsung lama dan mula-mula dianggap suatu hal yang lumrah/biasa.

Di Indonesia, gejala alergi pada hidung ini umumnya terjadi sepanjang hari/tahun/musim, berbeda untuk di luar negri karena ada beberapa musim.

Penyebab/pencetus yang umum terjadi pada hidung yaitu debu rumah, tungau, kecoa, udara dingin, bau-bauan, jamur (tempat lembab), asap, bulu-bulu binatang (kucing, anjing, burung).

Sakit kepala, berat di muka, sinusitis dan polip dapat merupakan komplikasi yang sering terjadi apabila sumbatan hidung berlangsung terus menerus dan berat.

Dan kelihatannya.. aku juga udah kena deh nih Rhinitis Alergi alias alergi hidung..
soalnya tiada hari tanpa bersin aku, paling parah sih pas pagi waktu bangun tidur..
seterusnya sih jarang.. huffh ~
harus segera pergi beli obat nih. hahaha

0 komentar on "Rhinitis alergi"

Posting Komentar

Visitor ^^

Free Counters

Followers

 

Chibi Kawaii Copyright 2009 Fashionholic Designed by Ipiet Templates Sponsored by Tadpole's Notez